Bahaya, Asal Pasang Aplikasi Boks pada Motor

Boks tambahan pada sepeda motor muncul akibat ada keterbatasan ruang penyimpanan. Jadi, boks tambahan sejatinya adalah wadah penampung barang bawaan seputar perlengkapan berkendara. Namun dalam prakteknya banyak pengendara yang asal memilih boks tanpa menyesuaikan dengan kendaraannya dengan harapan dapat menampung banyak barang bawaan.

Padahal, hal utama yang harus diperhitungkan saat pemasangan boks tambahan adalah unsur keselamatan dan juga estetika. Penggunaan boks harus disesuaikan dengan bobot kendaraan. Ukuran boks yang terlalu besar dapat mengganggu kenyamanan berkendara, dan bahkan dapat pula berpotensi menimbulkan kecelakaan. Hal ini berkaitan dengan pengaruhnya dalam bermanufer, stabilitas saat berkendara, serta ruang gerak dari pengendara sendiri. Selain itu, boks yang terlalu besar juga akan mengganggu juga akan mengganggu pandangan mata pengendara (dari kaca spion) saat melihat ke arah samping belakang.

Jadi, untuk para pengendara yang ingin memasang boks tambahan sebaiknya menyesuaikan dimensi boks yang akan dipasang dengan ukuran tidak boleh melebihi lebar dari dimensi stang. Apabila melebihi kapasitas yang sewajarnya, bukan hanya stabilitas dan kenyamanan berkendara akan terganggu, tetapi juga dapat membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros, umur suspensi dan juga ban akan lebih singkat karena menahan beban yang tidak semestinya. AG/03/2019)

Foto: https://macantua.com/2017/08/30/motor-pakai-box-tambahan-awas-rawan-tilang-di-bandung/

Archive