Harga Angkut Sepeda Motor MotoGP Gunakan Pesawat

MotoGP merupakan ajang balap sepeda motor kelas dunia yang diadakan secara berseri di negara-negara benua Asia, Eropa, Australia, hingga Amerika. Setiap seri berselang antara satu minggu hingga satu bulan. Apabila helatan diadakan dalam satu benua, maka perpindahan logistiknya cukup menggunakan jalur darat dengan kontainer dan motorhome.

Namun, bagaimana bila seri selanjutnya harus beralih ke benua lain? Pernahkah Anda membayangkan kesibukan sebuah tim MotoGP yang harus mengemas dan membawa barang-barang mereka ke dalam pesawat kargo? Berapakah biaya yang harus dikeluarkan untuk sekali angkut?

Menurut GridOto.com yang dikutip oleh Kaltim.Tribunnews.com, mengangkut sebuah sepeda motor dengan pesawat kargo dari Asia ke negara Eropa membutuhkan biaya hingga ratusan juta rupiah secara door to door atau dari lokasi si pengirim sampai tiba ke lokasi pengiriman yang dituju. Itu pun bila sepeda motor yang dikirim merupakan produksi massal yang diedarkan di pasaran.

Jadi, bisa kebayang kan bila yang dikirim adalah satu unit sepeda motor yang dibuat khusus untuk ajang MotoGP yang harganya selangit? Kaltim.Tribunnews.com mencatat untuk satu unit sepeda motor MotoGP biayanya sekitar 2,5 juta dolar Amerika atau sekitar Rp. 37,5 miliar dalam satu musim kompetisi yang berisi 18 seri. Biaya tersebut belum termasuk barang-barang perlengkapan tim yang dapat mencapai beberapa kontainer. (AG/01/2018)

Archive