Trail Braking

Melakukan pengereman merupakan salah satu hal wajib ketika sedang menjalankan kendaraan bermotor. Dalam kecepatan standar atau normal, pengereman untuk menghentikan/melambatkan/membelokkan kendaraan dapat dilakukan secara reflek tanpa perlu menggunakan teknik tertentu. Namun apabila kecepatan jauh di atas rata-rata, maka perlu cara-cara khusus agar laju kendaraan dapat dikendalikan.

Dalam dunia balap motor (MotoGP misalnya), ada sebuah istilah yang dinamakan sebagai trail braking untuk menurunkan kecepatan tertinggi di trek lurus lalu masuk tikungan dengan aman. Teknik ini memungkinkan pebalap dapat langsung berakselerasi tanpa keluar dari jalur dan kehilangan banyak waktu.

Trail braking diawali dengan penarikan tuas rem depan secara penuh saat akan memasuki tikungan dalam posisi motor masih tegak hingga ban belakang sedikit terangkat. Ketika mulai berbelok, tekanan pada tuas rem dikendorkan sejalan dengan bertambahnya kemiringan motor hingga berada di posisi apex (titik terapat dari sebuah tikungan). Selanjutnya, tuas res dilepas penuh dan mulai menarik gas agar dapat langsung berakselerasi. (AG/05/2018)

Foto: http://rodabalap.com/motogp/teknik-hard-braking-rossi-vs-marques

Archive