Harimau dan Singa Afrika Juga Terpapar Covid-19 di Kebun Binatang Bronx

Rupanya “konon” tidak hanya kelelawar saja yang dapat menularkan virus corona ke manusia, melainkan kini manusia juga telah menularkannya pada makhluk lain. Baru-baru ini sejumlah empat ekor harimau dan tiga ekor singa Afrika di Kebun Binatang Bronx, Amerika Serikat dinyatakan positif terinfeksi virus corona (Covid-19).

Gejala Covid-19 di Kebun Binatang Bronx mulai tampak ketika ada seekor harimau Malaysia usia empat tahun bernama Nadia menderita batuk kering dan kehilangan selera makan pada sekitar bulan Maret. Setelah dilakukan pemeriksaan dengan mengambil sampel dari hidung, tenggorokan, dan saluran pernapasan, Nadinya dinyatakan positif Covid-19 pada 5 April 2020.

Selanjutnya, Wildlife Conservation Society sebagai pengelola kebun binatang memeriksa kondisi kesehatan tujuh ekor harimau dan singa yang kandangnya berdekatan melalui tes dari sampel kotoran mereka. Adapun pengujiannya dilakukan di laboratorium hewan dengan peralatan yang uji yang bukan untuk manusia.

Hasilnya, Sky News yang dilansir kompas.tv menyatakan enam dari tujuh hewan itu mengalami gejala sama seperti Nadia. Namun mereka berperilaku normal dan tetap makan seperti biasa. Hewan-hewan tersebut diperkirakan telah terinfeksi dari seorang staf kebun binatang yang juga terkena Covid-19 namun tanpa menunjukkan gejala.

Archive